Relawan Ganjar-Mahfud Kerek Pendapatan UMKM di Kawasan Pariwisata Mandalika

Pendapatan mereka meningkat setelah menerapkan cara melayani dengan keramahtamahan.
Senin, 25 Desember 2023 13:14 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Lombok, Gesuri.id - Para relawan Ganjar-Mahfud (Gama) membantu warga yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Nusa Tenggara Barat, untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan menggelarPelatihan Hospitality, Sabtu (23/12/2023).

Pendapatan mereka meningkat setelah menerapkan cara melayani dengan keramahtamahan (hospitality) terhadap wisatawan yang datang ke kawasan pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Sekarang, katanya omzetnya lebih tinggi. Lebih banyak pendapatannya dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan hospitality. Sehingga, mereka sangat antusias untuk ikut kembali, kata pemateri dari sukarelawan Gama, Sri Anom Putra Sanjaya.

Dia menjelaskan materi yang diajarkan di antaranya terkait pentingnya kebersihan dalam segala hal. Kemudian, tentang cara berpikir positif hingga cara berkomunikasi yang baik dengan para wisatawan.

Kegiatan tersebut diakui sebagai bentuk kontribusi para relawan dari Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal.

Baca juga :