Survei Indopolling: Jokowi-Ma'ruf Menangkan Pemilu 2019

Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin unggul dengan selisih 24,9 persen dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
Jum'at, 12 April 2019 23:53 WIB Jurnalis - Hiski Darmayana

Jakarta, Gesuri.id - Survei Indopolling Network mengungkapkan elektabilitas capres-cawapres jelang pencoblosan Pilpres 2019. Hasil survei itu menunjukkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-KH Maruf Amin unggul dengan selisih 24,9 persen dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca:Survei SMRC, Elektabilitas Jokowi-Maruf Amin Masih Tinggi

Pada simulasi kertas suara elektabilitas pasangan capres 01 Joko Widodo-KH Maruf mencapai 57,4 persen, sedangkan Prabowo-Subianto sebesar 32,5 persen. Potensi pemilih yang belum menentukan tersisa sebesar 10,1 persen, kata Direktur Indopolling Network, Wilhelmus Wempy di Jakarta Pusat, Jumat (12/4).

Wempy mengatakan, selain menggunakan simulasi suara kertas, survei ini dilakukan dengan pertanyaan langsung dan tidak langsung. Dan hasilnya tak jauh berbeda.

Kalau kita lihat jarak elektabilitas antara pasangan 01 dan 02 sangat lebar. Selisih elektabilitas di antara keduanya lebih dari 20% dan selisih itu cukup signifikan. Sehingga kalau tidak ada kejadian luar biasa sampai hari pencoblosan, pasangan Jokowi-Maruf berpotensi memenangi kembali Pilpres 2019, katanya.

Baca juga :