5 Hal Ini Jadi Kegemaran Bung Karno

Presiden pertama RI tersebut punya banyak talenta sehingga dikagumi hingga ke mancanegara. 
Selasa, 09 Juli 2019 10:10 WIB Jurnalis - Ali Imron

Jakarta, Gesuri.id - Sebagai sosok yang kharismatik, Bung Karno banyak sekali meninggalkan warisan berupa pemikiran-pemikiran bagi kemajuan bangsa yang sampai saat ini masih tetap relevan. Presiden pertama RI tersebut punya banyak talenta sehingga dikagumi hingga ke mancanegara.

Di tengah kegiatan kenegaraannya yang padat, Bung Karno punya banyak kebisaaan unik yang menjadi kegemarannya. Apa sajakah kegemaran Bung Karno tersebut ? Berikut lima kegemaran Bung Karno seperti diracik dari berbagai sumber :

1. Membaca Buku
Mantan Komandan Detasemen Kawal Pribadi (DKP) Presiden Soekarno, Mangil Martowidjojo dalam buku Kesaksian tentang Bung Karno 1945-1967, menyatakan Bung Karno adalah kutu buku sejati. Setiap ada waktu luang, bukulah yang menjadi teman setianya. Bila sedang duduk sendiri, di atas meja dekat kursi itu harus ada tumpukan koran atau buku bacaan.

Pada 1950-an, sewaktu baru pindah ke Yogyakarta, anggota DKP bertugas mengambil koran supaya tidak terlambat dibaca Bung Karno. Di kemudian hari pengiriman koran berjalan cukup baik, sehingga anggota DKP cukup memeriksa jumlah koran supaya tidak kurang.

Baca juga :