118 Tahun Bung Karno: Abadi Bersama Gagasan Besarnya

Bung, kami rindu. Di Bulan Juni ini, di bulan kelahiran dan kematianmu: Jutaan rakyat menangisi kepergianmu. Tangisan yang tak pernah henti
Kamis, 13 Juni 2019 20:52 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

BUNG KARNO belum mati! Sang Proklamator masih abadi dengan gagasan, cita-cita, dan jejak langkah penuh perjuangan bagi kemerdekaan Indonesia Raya.

Bung Karno masih hidup! Bapak Bangsa itu bersemayam di setiap sanubari Kaum Marhaen. Segala memori tentangnya menjadi inspirasi. Pemikiran besarnya tentang Kemerdekaan, anti kolonialisme, kemandirian dan kedaulatan bangsa masih relevan hingga kini.

Bung Karno akan selalu ada! Tengoklah bagaimana gagasan besarnya tentang Pancasila yang dicetuskannya 1 Juni 1945, yang kemudian menjadi Landasan dan Dasar Negara ini. Dari Pancasila itulah, gagasan besar tentang bagaimana arah Bangsa ini ditentukan.

Bung Karno masih ada bersama kita. Ia akan terus ada sejalan dengan cita-cita memerdekakan bangsanya. Dan Kemerdekaan Indonesia bukan hanya berhenti saat Proklamasi dikumandangkan 17 Agustus 1945.

Bung Karno akan terus ada di setiap sudut tempat di Republik ini, di setiap hati terdalam para Soekarnois, karena sebagai Pendiri Bangsa, ia masih berharap besar bisa menyaksikan anak bangsa ini merdeka 100%. Merdeka seutuhnya, sebagaimana semangatnya menjadikan politik sebagai alat untuk membebaskan diri merdeka dari segala jenis beleggu penjajahan dan kemiskinan.

Baca juga :