Bagi PDI Perjuangan, Partai adalah Alat Pembebasan

Seruan Ibu Megawati kepada para kader, untuk menjadi “Banteng Sejati” di dalam membela keberagaman dan kebhinekaan.  
Rabu, 06 Februari 2019 20:34 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

SETIAP lima tahun sekali, kita menggelar Pemilihan Umum (Pemilu). Peserta Pemilu sendiri adalah partai politik, dan untuk memilih pemimpin negara, salah satu syarat yang diatur dalam Undang-Undang adalah diusulkan oleh partai politik atau gabungan dari beberapa partai politik (koalisi).

Artinya, sebagai sebuah negara yang menganut sistem demokrasi berasaskan Pancasila, keberadaan partai politik adalah suatu keniscayaan.

Partai politik sendiri adalah alat perjuangan untuk menciptakan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan. Ia merupakan instrument dari perwakilan sekelompok masyarakat untuk mencapai sebuah tujuan bersama.

Melalui partai politik, pengorganisiran rakyat dilakukan secara sistematis, berjuang melenyapkan susunan masyarakat lama yang terkurung feodalisme dan ketertindasan, menuju terwujudnya suatu susunan masyarakat baru, yang di dalamnya rakyat hidup merdeka, merdeka yang sejati-jatinya lahir dan batin. Demikian Sambutan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, pada Pembukaan International Conference Of Asian Political Parties (ICAPP), Jakarta, 22 April 2016.

Partai politik yang mengikuti kontestasi demokrasi dewasa ini, harus memiliki platform ideologi yang sesuai dengan nafas ideologi bangsa: Pancasila 1 Juni 1945. Hal itu untuk menjaga marwah demokrasi kita dari menghalalkan segala cara, sehingga menodai semangat Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga :