Jujur Saja, Siapa Mafianya Pak Menteri?

Oleh: Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Adian Napitupulu.
Rabu, 22 April 2020 08:47 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Tulisan ini ditulis dalam 3 bagian dengan data data yang sudah terpublikasi. Pertama, terkait pernyataan adanya Mafia Alkes. Kedua, perkiraan kebutuhan Alkes. Ketiga, Prediksi 3 masalah besar yang akan dihadapi beriringan dengan virus Corona.

Jakarta, Gesuri.id - Tanpa ada angin dan badai tiba tiba Erik Thohir sebagai Menteri BUMN berbicara tentang mafia alat kesehatan (alkes) yang mendominasi impor alat kesehatan (tentu yang di maksud semua alkes dan obat terkait Corona).

Siapa yang di maksud Erik Thohir? Ada kalimat yang bisa jadi petunjuk menunjukan siapa mafia di maksud yaitu Mereka yang mendominasi

Pernyataan adanya Mafia adalah pernyataan serius yang bisa menyasar kesiapapun. Kalau ukuran mafia nya adalah Dominasi Impor alkes dan obat maka bisa jadi hanya dua lembaga yang memenuhi syarat Dominasi yaitu BNPB dan BUMN. Apakah pernyataan Erik ini menyasar ke BNPB? Mungkin saja, Karena ada 19 jenis Alkes yang rekomendasi Impornya di keluarkan BNPB.

Ini daftar rekomendasi Impor alkes dari BNPB : Surgical apparel, Disinfektan, Sarung tangan steril,Sarung tangan pemeriksaan, Thermometer, Ventilator infusion pump, Mobile x-ray, High flow oxygen device, Bronchoscopy portable, Power air purifying respirator CPAP Mask, CPAP machine, ECMO (extracorporeal membrane oxygenation), Breathing circuit for ventilator and incubator transport, Transport culture medium, Microbiological specimen collection and transport device (dacron swab), Alat rapid test COVID-19, Resuscitation bag.

Baca juga :