Kritik Arteria, Bahasa Rakyat Kecil

Bahasa rakyat merupakan kumpulan kata sederhana, singkat & langsung pada titik persoalan. Bahasa itulah yang disisipkan dan dipinjam Arteria
Kamis, 05 April 2018 22:16 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

DALAM ruang diskusi termasuk forum-forum rapat, gaya komunikasi menjadi salah satu faktor penting untuk memberi penekanan dan perhatian pada topik tertentu, yaitu tema yang dikehendaki oleh penyampai informasi tujuannya agar informasi atau pesan yang disampaikan segera mendapat respon. Gaya komunikasi disini tidak hanya gestur, tapi juga pilihan kata per kata.

Susunan kata dalam komunikasi langsung tidak selalu menggunakan tata bahasa baku, terkadang tercampur dengan kata-kata yang lazim diperdengarkan di khalayak dalam komunitas atau situasi tertentu.

Baca: Terbitkan PMA Umrah, Kader: Kemenag Jangan Lepas Tangan

Karena itu, mengenai kepantasan dan kesopanan suatu kata untuk diucapkan, tergantung respon pendengar atau penerima informasi, dan itu bersifat subyektif. Pesan tidak akan lepas dari konteksnya, karena pesan ditujukan dan diarahkan untuk keperluan tertentu.

Pesan dan informasi yang disampaikan dalam suasana formal dapat diserupakan dengan komunikasi organisasi, yang oleh Arnold dan Feldman (1986) dikatakan sebagai suatu proses pertukaran informasi diantara orang-orang dalam suatu organisasi.

Baca juga :