Pentingnya Perkuat Moderasi Beragama di Institusi Pendidikan

Oleh: Anggota Komisi VIII, DPR RI, MY Esti Wijayati.
Kamis, 04 Agustus 2022 10:43 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Munculnya kasus pemaksaan pemakaian hijab pada seorang siswa kelas X di SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul menyebabkan pemberitaan di media daring dan media sosial mendapat begitu banyak tanggapan dari berbagai pihak.

Baik yang melakukan pembelaan terhadap pihak sekolah, maupun yang secara tegas menyatakan bahwa yang dilakukan oleh pihak sekolah adalah salah, dan perlu diberikan sanksi kepada pihak-pihak yang harus bertanggung jawab.

Dari penelusuran yang kami lakukan, dampak dari kejadian ini adalah anak tersebut mengalami depresi karena merasa menerima tekananyang mengakibatkan keluarganya (ibunya) ikut menanggung beban yang tidak ringan. Anak tidak lagi merasa nyaman sekolah di SMA Negeri 1 Banguntapan, sehingga mau tidak mau harus mencari sekolah baru (dikomunikasikan oleh dikpora DIY).

Tentu, persoalannya bukan semata-mata anak bisa kembali sekolah meski ditempat yang berbeda, tetapi ada persoalan mendasar dimana kita tidak mampu memberikan perlindungan dan rasa aman kepada anak tersebut.

Baca juga :