Basarah: Isra Mi’raj Ingatkan Manusia Hindari Hoaks & Fitnah

Basarah: Larangan keras menyebarkan hoaks dan fitnah, bahkan di saat terjadi perang ideologi sekalipun.
Sabtu, 18 Februari 2023 16:03 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id -Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengingatkan salah satu pesan moral dari peristiwa Isra dan Miraj Rasulullah Muhammad SAW adalah larangan keras menyebarkan hoaks dan fitnah, bahkan di saat terjadi perang ideologi sekalipun. Saat Nabi dituduh berbohong mendapatkan wahyu dari Jibril, lewat peristiwa Miraj Allah SWT membuktikan pertemuan fisik antara Nabi dengan Jibril di Shidratul Muntaha.

Baca:Institut POI Pegunungan Bintang Cerdaskan Milenial Papua

Periode penyebaran Islam di Makkah bisa diibaratkan sebagai perang ideologi antara politeisme melawan monoteisme. Pada saat itu terjadilah kontestasi dan perang urat syaraf, tapi Nabi memberi teladan mulia bahwa beliau tidak pernah menyebarkan hoaks demi memenangkan pertempuran. Verifikasi data terjadi dalam peristiwa Isra dan Miraj, Nabi bertemu Jibril secara fisik seperti dijelaskan dalam surat Al-Najm ayat 13, jelas Ahmad Basarah di Jakarta, Jumat (17/2).

Untuk itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini mengajak semua pihak tidak menjadikan peristiwa Isra Miraj hanya sebagai seremoni tahunan belaka, tapi menjadikannya teladan berharga dalam berbangsa dan bernegara. Apalagi bangsa Indonesia segera menggelar pesta demokrasi lima tahunan pada 2024 mendatang.

Setiap warga tentu ingin mengunggulkan pilihannya dalam pemilu mendatang. Mari, jangan menyebar hoak dan fitnah hanya untuk memenangkan kontestasi. Nabi Muhammad sudah mengajarkan akhlak yang baik, tidak pernah menyebarkan hoaks, bahkan saat kontestasi ideologi sedang berlangsung sekalipun, tandas Ahmad Basarah.

Baca juga :