Endro: Mahasiswa adalah Agen Perubahan & Pancasila, Alat Mengontrol Pemimpin

Mahasiswa adalah kaum terdidik, terpelajar, golongan kelas menengah yang dalam sejarah pergerakan nasional merupakan agen perubahan.
Rabu, 25 Oktober 2023 12:05 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPR RI Komisi II Fraksi PDI Perjuangan Endro S. Yahman mengatakan setidaknya ada 3 jenis istilah yang kata depannya menggunakan maha yaitu: maha guru, maha kuasa dan satunya adalah maha-siswa. Artinya kata maha mengandung makna punya kelebihan dan kehebatan.

Lanjut Endro, demikian juga sebutan mahasiswa, mempunyai kelebihan dan kehebatan dibanding siswa atau masyarakat pada umumnya. Sebutan mahasiswa yang disandangnya ini yang harus dipahami di-internalisasikan dalam dirinya oleh setiap manusia yang menyandangnya.

Kelebihannya antara lain, bahwa mahasiswa adalah kaum terdidik, terpelajar, golongan kelas menengah yang dalam sejarah pergerakan nasional menuju kemerdekaan merupakan agen perubahan.

Para mahasiswa-lah yang melakukan gerakan penyadaran kritis masyarakat yang akhirnya mampu membangun kesadaran kolektif ditengah masyarakat, sadar akan posisinya sebagai bangsa terjajah, kemudian bergerak bersama untuk mengusir penjajah dan merdeka, papar Endro S. Yahman, Anggota DPR RI Komisi II Fraksi PDI Perjuangan dalam Seminar Pancasila di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung (UNILA), Selasa (24/10). Acara Seminar dibuka oleh Wakil Dekan III FEB, bapak Muslimin, SE, M.Sc.

Endro mencontohkan dimulai dari gerakan pendidikan seperti Boedi Oetomo, Ki Hadjar Dewantara dan lainnya.

Baca juga :