Merawat Embung, Ganjar Ingatkan Masyarakat Jangan Tebang Pohon!

Ganjar: Kami harapkan masyarakat menjaga area-area yang tingkat kemiringan tinggi, agar pohon-pohon besarnya jangan ditebang.
Kamis, 12 Oktober 2023 05:45 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Kendal, Gesuri.id Mantan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berpesan agar masyarakat terus bersama merawat embung, termasuk lingkungan di sekitarnya. Paling penting adalah menjaga pohon yang berada di area atas embung agar tidak ditebang.

Kami harapkan masyarakat menjaga area-area yang tingkat kemiringan tinggi, agar pohon-pohon besarnya jangan ditebang. Kalau nanti pohon yang di atas itu terkonservasi dengan baik, maka sumber mata airnya akan terjaga. Sumber air dari atas yang dijadikan sumber utama untuk bisa mengisi embung yang ada di sini, terangnya.

Nama embung diambil dari nama petani setempat, Subari, yang merelakan tanah seluas sekitar 1.800 meter untuk dibangun embung.

Setelah diresmikan, Embung Subari diharapkan dapat mengairi 35 hektare lahan pertanian di sekitarnya.

Alhamdulillah embung yang dulu diharapkan sekarang sudah selesai. Sesuai yang dulu kita harapkan, namanya Embung Subari. Jadi Pak Subari sudah menunaikan tugas yang luar biasa memberikan tanahnya kepada masyarakat (untuk dibangun embung), dan sekarang sudah jadi, kata Ganjar, usai meresmikan Embung Subari di Desa Kalibareng, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, baru-baru ini, di tengah guyuran hujan siang itu.

Baca juga :