Pakde Sugirah Ingatkan Ancaman Terkikisnya Warisan Leluhur 

“Warisan leluhur kita jangan sampai hilang terkikis oleh zaman yang semakin modern. Kearifan lokal ini adalah tanggung jawab kita".
Selasa, 28 September 2021 09:01 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Banyuwangi, Gesuri.id - Wakil Bupati Banyuwangi, yang juga Bendahara DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, H. Sugirah mengajak masyarakat melestarikan budaya dan kearifan lokal.

Baca:Adian Ungkap Masa Lalu Jokowi Saat Jadi Tukang Kayu

Sebab, menurutnya, budaya dan kearifan lokal yang diwariskan para leluhur Bumi Blambangan, menyimpan sejuta kebaikan serta menanamkan nilai sosial yang baik.

Ia mencontohkan salah satu budaya kearifan lokal yang harus tetap lestari adalah Ngewongke Marang Liyan. Tradisi itu adalah warisan turun-temurun yang mengajarkan kebiasaan saling menghormati dan menghargai antar sesama tanpa memandang status sosial.

Warisan leluhur kita jangan sampai hilang terkikis oleh zaman yang semakin modern. Kearifan lokal ini adalah tanggung jawab kita sebagai generasi penerus, karena merupakan produk budaya yang patut dijadikan pegangan hidup sebab menyimpan banyak nilai dan norma sosial yang bisa diteladani, kata Sugirah di salah satu warung pedagang kaki lima, Sabtu (25/9).

Baca juga :