Ansy Lema: Tindak Tegas Korporasi Penyebab Karhutla 

Tindakan karhutla sendiri jelas merusak ekosistem lingkungan.
Sabtu, 09 November 2019 18:27 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPR RI Komisi IV Yohanis Fransiskus Lema menegaskan negara harus menindak tegas para pelaku korporasi yang melakukan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Lanjutnya, bukan hanya persoalan menimbulkan kerugian negara dalam jumlah besar, tindakan karhutla sendiri jelas merusak ekosistem lingkungan yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup.

Baca:Terkait Izin FPI,Ansy Lema: Pancasila Landasan Semua Ormas

Hal itu diungkapkan oleh pria yang akrab disapa Ansy Lema ini dalam dialog bersama masyarakat dan Pemerintah Daerah Riau, Kamis (7/11). Dirinya bersama anggota Komisi IV lainnya melakukan kunjungan kerja resmi pertama ke lokasi karhutla di Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Ada tiga aktor penting di sini terkait karhutla, yaitu negara, korporasi, dan masyarakat. Masyarakat yang menyebabkan karhutla bisa diberikan edukasi untuk tidak lagi melakukan. Edukasi penting agar masyarakat sadar bahwa membakar hutan jelas merusak alam. Pelaku harus dihukum agar jera. Tindakan tegas harus diberikan pada korporasi pelaku utama karhutla. Pertanyaan utama yang mesti dijawab, siapa aktor utama pembakaran hutan dan untuk tujuan apa?, ujar Ansy.

Baca juga :