Cegah Longsor, Basuki Instruksikan Tanam Akar Wangi

Tanaman vetiver mulai diperkenalkan Presiden Jokowi bersama Basuki saat meninjau lokasi terdampak banjir dan longsor beberapa waktu lalu.
Senin, 16 Maret 2020 13:30 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menginstruksikan pemanfaatan tanaman vetiver atau akar wangi di berbagai infrastruktur yang dibangun Kementerian PUPR seperti waduk, tanggul sungai, dan tebing jalan dalam rangka mencegah longsor.

Beberapa hari lalu banjir dan longsor di sejumlah daerah yang menandakan fenomena perubahan iklim akibat kerusakan lingkungan. Pemerintah telah mencanangkan tanaman vetiver untuk mencegah longsor, termasuk bisa dimanfaatkan untuk mencegah longsor di tanggul-tanggul sungai dan di lereng/tebing jalan nasional dan jalan tol, ujar Menteri Basuki dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (16/3).

Baca:Survei Membuktikan Penanganan Banjir Era Ahok Paling Baik

Tanaman vetiver mulai diperkenalkan Presiden Jokowi bersama Menteri Basuki saat meninjau lokasi terdampak banjir dan longsor di dua desa Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2).

Baca juga :