Ganjar Dorong Dana Desa untuk Turunkan Stunting

Selain menggunakan dana desa untuk sarana kesehatan, anggaran itu bisa digunakan untuk perbaikan gizi, kontrol kesehatan dan seterusnya.
Kamis, 03 Oktober 2019 15:25 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendorong kepala desa membantu persoalan penurunan angka stunting dengan mengoptimalkan dana desa.

Dari acara tadi kita dapat informasi bagus, bahwasannya dana desa yang totalnya Rp400 triliun itu dapat digunakan untuk mencegah stunting. Maka saya minta seluruh Kades di Jateng untuk melaksanakan program itu. Anggarkan saja, apa untuk keperluan vitamin, periksa ibu hamil di rumah sakit, membeli ambulans dan sebagainya, ujarnya saat mengikuti acara Sosialisasi Inovasi Intervensi Aksi Cegah Stunting di Gedung B Lantai V Pemprov Jateng, baru-baru ini.

Baca: DPRD dan Ganjar Komitmen Wujudkan Pemerintahan Bersih

Jika satu desa rata-rata ada 40 problem stunting, lanjut Ganjar, dengan cara itu dapat mempercepat pengurangan angka stunting di Jateng. Selain menggunakan dana desa untuk sarana kesehatan, anggaran itu bisa digunakan untuk perbaikan gizi, kontrol kesehatan dan seterusnya.

Intervensi apapun harus dilakukan, tentunya dengan akurasi data agar terukur. Pekerjaan itu sangat bisa dilakukan Kades, terangnya.

Baca juga :