Ganjar Minta SKPD Tambah Fasilitas Penyandang Disabilitas

Gubernur Ganjar mengatakan fasilitas bagi penyandang disabilitas di gedung-gedung milik Pemprov Jateng harus diperbaiki dan ditambah.
Senin, 30 Juli 2018 16:29 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta kepada seluruh SKPD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menambahkan fasilitas bagi penyandang disabilitas di bangunan, baik yang sudah ada maupun yang sedang dilakukan pembangunan fisik. Pasalnya, masih banyak bangunan yang belum ramah terhadap penyandang disabilitas karena belum memiliki akses khusus untuk mereka. Kalaupun ada, masih belum sesuai dengan standar aksesibilitas.

Saya minta semua bangunan yang sedang dibangun atau kita persiapkan, kalau ada yang bisa mencicil di tempatnya masing-masing semua dibuatkan akses untuk penyandang disabilitas, katanya saat memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaan Operasional Kegiatan APBD Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2018 di Gedung B lantai V, Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (30/7).

Baca: Ganjar Harapkan KKN Mampu Tingkatkan Kapasitas Desa

Ganjar bercerita pernah didatangi komunitas disabilitas di rumah dinasnya, Puri Gedeh, meski sudah ada akses untuk penyandang disabilitas namun masih belum responsif karena kemiringan akses tersebut melebihi standar yaitu tujuh derajat. Karenanya, penyediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas harus memperhatikan standar aksesibilitas sesuai yang sudah ditetapkan oleh peraturan, agar mereka bisa nyaman menggunakan fasilitas tersebut.

Di Wisper sudah kita buat jalur untuk itu, di rumah dinas saya juga sudah dibuat. Tapi rupanya ada catatan dari teman-teman penyandang disabilitas. Saat datang ke rumah saya ternyata belum responsif karena ukurannya ternyata tujuh derajat, ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Baca juga :