Guru Diminta Kreatif Ubah Metode Pengajaran di Kelas 

Pola pengajaran teacher centered perlu diganti menjadi student participation.
Senin, 25 November 2019 09:40 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id- Sambut Hari Guru pada Senin 25 November 2019, bangsa ini dihadapkan pada berbagai persoalan utama seperti kesejahteraan guru. Namun terlepas dari persoalan tersebut, yang paling penting saat ini adalah menjadikan momentum hari guru dengan mengubah metode pengajaran di kelas menjadi lebih transformatif.

Baca:Putra: Peran Keluarga Krusial Bagi GenerasiMembaca

Anggota Komisi X DPR Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan menyoroti, saat ini dunia sudah berubah. Perkembangannya begitu cepat dan dinamis terlebih lagi sejak kehadiran generasi milenial atau net generation yang melek dengan teknologi.

Dengan kehadiran generasi milenial tersebut maka pola-pola pembelajaran seperti teacher centered di kelas sudah usang dan membosankan. Untuk itu guru perlu mengganti pola pengajaran menjadi student participation, katanya, Senin (25/11) .

Lewat metode partisipatif tersebut, tambah Putra, siswa menjadi lebih aktif dalam melakukan diskusi di kelas dan lebih berani untuk berbagi pengetahuan dengan teman-temannya yang lain. Guru hanya melakukan pendampingan atau menjadi penengah jika terjadi perdebatan atau hal-hal substansi yang tidak dipahami oleh siswa. Jadi dengan metode seperti itu, guru bisa ikut mencermati perkembangan siswa dengan mudah dari waktu ke waktu. Sehingga dengan begitu guru bisa memberikan masukan agar siswa tersebut bisa semakin berkembang, katanya.

Baca juga :