Koster Sambut Baik Rencana Penataan Pura Besakih

Penataan Pura Besakih diharapkan mampu memecahkan masalah kemacetan dan kesemrawutan arus lalu lintas di kawasan tersebut.
Senin, 27 Mei 2019 07:17 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Denpasar, Gesuri.id- Gubernur Bali, I Wayan Koster menyambut baik rencana penataan areal parkir di Pura Besakih sebagai salah satu bagian dari konsep penataan menyeluruh terhadap pura yang berdiri di bagian lereng Gunung Agung, Kabupaten Karangasem itu.

Penataan tempat parkir yang nantinya dilengkapi dengan fasilitas toilet dan kelengkapan lainnya itu, merupakan penataan dari sisi palemahan. Dalam visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, perlindungan kawasan suci Pura Besakih tidak hanya digarap dari sisi pelemahan, tetapi juga mencakup sisi parahyangan dan pawongan, kata Koster di hadapan peserta rapat terkait rencana penataan Pura Besakih, di Denpasar, Minggu (26/5).

Baca: Koster Siapkan Regulasi untuk Transportasi Konvensional

Rapat kali ini tampak lebih komprehensif karena yang hadir tidak hanya Gubernur dan Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), tetapi juga Dirut PT Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra, anggota DPRD Bali Nyoman Parta dan tim ahli Gubernur yang dibentuk untuk membuat konsep Perlindungan Kawasan Suci Besakih.

Sebelumnya, pihak PT Waskita Karya di hadapan Wagub Cok Ace pekan lalu, sempat memaparkan rencana penataan areal parkir di kawasan pura terbesar di Bali itu. Bak gayung bersambut, Gubernur Koster langsung menyatakan setuju dengan rencana yang merupakan bentuk penataan kawasan suci dari sudut palemahan (hubungan manusia dengan lingkungan itu).

Baca juga :