Puan Tekankan Pendidikan Karakter Sejak Dini

Puan memandang bahwa mempertahankan kebudayaan bangsa bisa dilakukan dengan pendidikan karakter yang menanamkan nilai-nilai budaya.
Kamis, 21 Oktober 2021 09:18 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menyoroti perkembangan arus globalisasi dan modernisasi yang secara tidak langsung dapat berdampak pada kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan lokal.

Puan mengingatkan keutamaan memahami kebudayaan lokal sebagai bagian dari warisan leluhur yang apabila terinjak-injak oleh budaya asing, maka akan dengan mudah tereliminasi dari kandang sendiri.

Pintu globalisasi saat ini terbuka begitu besar melalui kemajuan zaman dan teknologi. Jika kita ingin budaya lokal terus menjadi identitas bangsa, maka sangat penting dikenalkan pendidikan karakter berbasis budaya sejak dini agar generasi penerus bisa terus mempertahankan budayanya sendiri, kata Puan dalam rilis tertulisnya.

Baca:Pendidikan KarakterPancasila Harus Sentuh PAUD

Puan memandang bahwa mempertahankan kebudayaan bangsa bisa dilakukan dengan pendidikan karakter yang menanamkan nilai-nilai budaya. Komponennya meliputi pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut.

Baca juga :