Rokhmin Dorong Moderasi Ekonomi Berbasis Kelautan

Indonesia memiliki modal besar dan lengkap untuk menjadi negara maju, sejahtera, dan berdaulat.
Rabu, 10 Agustus 2022 18:00 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Cirebon, Gesuri.id - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Rokhmin Dahuri mendorong pembangunan Moderasi Ekonomi Berbasis Kelautan dalam Cirebon Intellectual Conference (CIC) 2022.

Dalam paparan makalahnya yang bertema Membangun Moderasi Ekonomi Berbasis Kelautan; Tantangan Ekologi Dan Ekonomi Maritim Indonesia Guru Besar IPB tersebut mengatakan bahwa untuk mewujudkan Indonesia Emas pada 2045 dengan GNI per kapita sekitar 23.000 dolar AS dan PDB sebesar 7 trilyun dolar AS (ekonomi terbesar kelima di dunia) (Bappenas, 2019), Indonesia seyogyanya mengimplementasikan Peta Jalan Pembangunan dengan 10 IKU (Indikator Kinerja Utama, Key Performance Indicators).

Pertama, pada 2045 GNI perkapita mencapai 23.000 dolar AS.Target ini dapat tercapai, bila laju pertumbuhan ekonomi dari 2022 2045 rata-rata sebesar 6,5% per tahun (Bappenas, 2019), katanya CIC yang bertema Cirebon Diaspora; Mewujudkan Spirit Budaya Moderasi dan Multikultural untuk Perdamaian Bangsa yang digelar Pengurus Cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (PC ISNU) Kabupaten Cirebon.

Kedua, lanjut ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kelautan dan Perikanan itu adalah kapasitas teknologi mencapai kelas-1 (technologyinnovator country).

Baca:Bintang: Semangat Mama-Mama Asmat Perlu Ditingkatkan

Baca juga :