Tjahjo Dukung Keamanan Siber di Semua Tingkat Pemerintahan

Pemerintah terus berupaya menjaga kedaulatan bangsa, termasuk kedaulatan di ruang digital.
Rabu, 25 Juli 2018 14:59 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi menjadi panelis dalam diskusi mengenai pengambilan keputusan dan kooordinasi lintas sektoral kementerian/lembaga yang efektif menghadapi insiden siber terhadap obyek vital nasional dalam rangka ketahanan nasional, Selasa (24/7).

Dalam diskusi yang berlangsung di Hotel Grand Hyatt Jakarta itu, Tjahjo menekankan bahwa saat ini Pemerintah terus berupaya menjaga kedaulatan bangsa, termasuk kedaulatan di ruang digital. Pemerintah bersama legislatif bersama-sama membuat regulasi didorong adanya kemauan politik yang kuat dalam menegakkan regulasi tersebut.

Baca: Polemik JK Jadi Cawapres, Tjahjo: Tunggu Keputusan MK

Upaya Pemerintah dalam menjaga kedaulatan bangsa sejalan dengan Program Nawacita Joko Widodo dalam mengamankan sektor strategis nasional dan masyarakat. Yakni menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara sebagai rujukan menghadapi serangan ancaman siber.

Politisi PDI Perjuangan itu mengakui, dalam melindungi dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara ini masih terkendala beberapa hal. Sejauh ini, kondisi Kemendagri dalam menghadapi era siber tercatat ada lima garis besar.

Baca juga :