Banteng Banten: Proporsional Tertutup Cegah Kader Dibajak

PDI Perjuangan Banten menilai proporsional tertutup memiliki sejumlah kelebihan ketimbang proporsional terbuka.
Minggu, 08 Januari 2023 11:06 WIB Jurnalis - Haerandi

Serang, Gesuri.id - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI Perjuangan Banten Muklis mengatakan DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, mendukung Pemilu 2024 memberlakukan sistem proporsional tertutup.

Baca:Megawati Keluarkan 7 Perintah Harian dalam Rangka HUT ke-50

Dalam demokrasi perbedaan sikap politik itu hal biasa, kami menghormati partai politik yang menolak sistem proporsional tertutup. Namun PDI Perjuangan Banten menilai proporsional tertutup memiliki sejumlah kelebihan ketimbang proporsional terbuka. Makanya kami mendukung wacana perubahan sistem pemilu 2024 dari proporsional terbuka menjadi tertutup, kata Muklis kepada wartawan di Kantor DPD PDI Perjuangan Banten, Kota Serang, Sabtu (7/1 2023).

Muklis yang saat ini menjabat Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Banten, membeberkan alasan partainya mendukung wacana proporsional tertutup. Menurutnya ada beberapa kelebihan bila MK memutuskan proporsional tertutup.

Pertama, sistem proporsional tertutup bisa mendorong partai politik melakukan pendidikan politik dan kaderisasi yang baik di internalnya. Bukan menjadi peserta pemilu yang hanya mengandalkan popularitas untuk menang, sehingga melakukan pembajakan kader partai lain, atau merekrut mantan-mantan kepala daerah untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas setiap menghadapi pemilu.

Baca juga :