Pemilu Proporsional Terbuka Lemahkan Party-ID & Demokrasi

Sistem proporsional tertutup pada Pemilu tahun 2024 bisa menjawab kelemahan yang ada dalam sistem proporsional terbuka.
Kamis, 05 Januari 2023 00:15 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan tidak mempersoalkan mayoritas fraksi di DPR tetap berpegang mempertahankan sistem pemilu proporsional terbuka, meski PDI Perjuangan disebut tetap mendorong sistem pemilu digelar proporsional tertutup.

Baca:Apresiasi Sekolah Partai PDI Perjuangan, Gembleng Kader

Menurut Pakar Hukum Tata Negara Universitas Sebelas Maret (UNS), Dr. Agus Riewanto menanggapi usulan kembali menerapkan sistem proporsional tertutup pada Pemilu tahun 2024. Sistem tersebut bisa menjawab kelemahan yang ada dalam sistem proporsional terbuka.

Agus Riewanto menyoroti dua kelemahan sistem Pemilu Terbuka atau sistem berbasis caleg. Kelemahan tersebut berdasarkan evaluasi pelaksanaan Pemilu 2009, 2014, dan 2019 yang menerapkan sistem proporsional terbuka dengan penentuan caleg terpilih berdasarkan suara terbanyak.

Pertama, melemahkan Identifikasi Diri dengan Partai atau Party-ID. Party-ID merupakan perasaan seseorang bahwa partai tertentu adalah identitas politiknya. Party-ID ini merupakan komponen psikologis yang akan memberikan sumbangan bagi stabilitas dukungan terhadap partai dan sistem kepartaian yang bisa memperkuat demokrasi, ujar Agus saat dihubungi, Rabu (4/1/2023).

Baca juga :