Survei Ungkap Ganjar-Mahfud Unggul di Sektor Perburuhan dan Kedaulatan Pangan

Pasangan Ganjar-Mahfud dinilai responden lebih peduli isu buruh dan tenaga kerja dibandingkan 2 pasangan capres-cawapres lainnya.
Minggu, 03 Desember 2023 05:57 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Hasil survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menunjukkan pasangan capres-cawapres nomor urut 3Ganjar PranowodanMahfud MDunggul dari pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandardan paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam isu perburuhan dan ketenagakerjaan.

Pasangan Ganjar-Mahfud dinilai responden lebih peduli isu buruh dan tenaga kerja dibandingkan 2 pasangan capres-cawapres lainnya.

Dari survei LPI, sebanyak 68 persen publik menilai pasangan Ganjar-Mahfud MD yang paling peduli terhadap isu perburuhan dan ketenagakerjaan. Di urutan kedua, ada pasangan Anies-Cak Imin sebesar 12,5 persen, sedangkan di urutan ketiga pasangan Prabowo-Gibran dengan 10,75 persen sementara yang tidak menjawab sebesar 8,75 persen, kata Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan dalam keterangan pers hasil paparan survei pada Sabtu (2/12/2023).

Ali mengatakan dalam survei ini, LPI memotret persepsi publik terhadap isu perburuhan. Hal ini mengingat situasi terkini ada desakan kuat dari elemen buruh terhadap kenaikan upah serta isu-isu lain yang melingkupinya. Menurut dia, terdapat sejumlah alasan yang menyebabkan pasangan Ganjar-Mahfud unggul di isu perburuhan (ketenagakerjaan).

Pertama, dari data survei terlihat bahwa ada pernyataan Prabowo Subianto di sebuah forum yang meminta kepada kaum buruh untuk tidak selalu menuntut kenaikan upah. Nah ini, mendapat reaksi dari hampir mayoritas kaum buruh, ujar Ali.

Baca juga :