Tjahjo Harap Gakumdu Mampu Redam Ketidakpuasan Pemilu

Tjahjo meminta semua pihak ikut menjaga suasana Pileg dan Pilpres serentak, agar berlangsung aman dan kondusif.
Rabu, 28 November 2018 23:32 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Denpasar, Gesuri.id - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengharapkan sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu) yang di dalamnya juga melibatkan kejaksaan, akan mampu meredam persoalan ketidakpuasan masyarakat terhadap hasil Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden serentak 2019.

Intinya kami melakukan konsolidasi demokrasi dengan harapan peran Gakumdu dapat menangani ketidakpuasan masyarakat terhadap hasil perhitungan suara Pileg-Pilpres, ujar Mendagri setelah menjadi narasumber dalam Rakernas Kejaksaan RI, di Sanur, Denpasar, Rabu (28/11).

Baca: Tjahjo Tegaskan Pemilu 2019 Tak Gunakan e-Voting

Ia menilai, Kejaksaan memiliki fungsi yang strategis dibidang intelijen, penyidikan, penuntutan maupun menangani permasalahan negara, karenanya ia meminta semua pihak ikut menjaga suasana Pileg dan Pilpres serentak, agar berlangsung aman dan kondusif, sehingga menghasilkan pemimpin yang amanah.

Saya berharap peran Gakumdu bisa menangani hal ini sesuai aturan hukum yang berlaku. Koordinasi Kejaksaan Agung hingga ke bawah sudah tegak lurus, sehingga dalam pelaksanaanya bisa berjalan dengan baik. Kami juga berharap KPU dan Bawaslu, baik pusat hingga daerah juga harus sama seperti ini, katanya.

Baca juga :