Inilah Penulis Pertama Pidato Bahasa Inggris Bung Karno

K’tut Tantri adalah nama yang diberikan khusus dari Raja Bali. Nama aslinya sendiri adalah Muriel Stuart Walker.
Rabu, 19 Juni 2019 14:50 WIB Jurnalis - Ali Imron

Jakarta, Gesuri.id - Bung Karno emang jago berpidato. Apalagi kalau sudah menggunakan bahasa Inggris. Sudah pasti fasih! Tapi tahukah Anda jika Bung Karno pernah meminta seorang perempuan berkewarganegaraan Amerika kelahiran Inggris Raya, berdarah Viking untuk membuatkan naskah teks pidato berbahasa Inggris untuk pertama kalinya? Yap betul sekali, Bung Besar meminta Ktut Tantri, seorang penyiar radio asing membuat naskah tersebut.

Peristiwa sejarah itu terjadi saat Ibu Kota Republik Indonesia berada di Yogyakarta. Bung Karno selama di Yogya, tinggal di Istana Kepresidenan dengan Loji Kebon berhalaman luas yang rindang. Yogyakarta sendiri menjadi ibu kota negara sejak 4 Januari 1946 sampai akhir 1949.

Ktut Tantri adalah nama yang diberikan khusus dari Raja Bali. Nama aslinya sendiri adalah Muriel Stuart Walker. Dia tinggal di Indonesia selama 15 tahun, 1932-1947. Awalnya tinggal di Bali, kemudian turut bergerilya bersama Bung Tomo dan pejuang lainnya. Dia menjadi seorang penyiar dalam siaran radio republik, Voice of Free Indonesia.

Setelah turut bergerilya bersama Bung Tomo dan pejuang Republik di Jawa Timur, Tantri pindah ke Yogyakarta. Selama di kota itu Tantri ditempatkan di Hotel Merdekakini Hotel Garudadi Jalan Malioboro, bersama para negarawan Republik.

Baca juga :