Gelorakan Prinsip Perjuangan Bung Karno; Penguatan Asas Konstitusi

Oleh: Kader PDI Perjuangan dan Ketua Forum Nasional Bhinneka Tunggal Ika Sulawesi Selatan, Fajar Ahmad Huseini.
Minggu, 14 April 2024 21:00 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan (UUD 1945). Adalah jelas bahwa, prinsip utama eksistensi bangsa Indonesia adalah menegaskan komitmen perjuangan atas tegakknya nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan dalam eskalasi pergaulan dunia global saat ini, yang mustahil untuk bisa dikompromikan dengan alasan apapun. Pastinya bahwa nilai prinsipil tersebut berelasi dengan pemaknaan, Kemanusiaan yang adil dan beradab pada sila kedua Pancasila sebagai fondasinya.

Kementerian Luar Negeri RI secara gamblang mengungkapkan dengan tegas bahwa, Indonesia tidak memiliki rencana melakukan normalisasi diplomatik Indonesia - Israel untuk menepis beredarnya rumor yang diberitakan Times of Israel dan media nasional lainnya, tentang adanya rencana ke arah tersebut (TEMPO.CO, Jakarta, Kamis malam, 11 April 2024). Apa yang menjadi latar belakang penegasan sikap kebijakan luar negeri Indonesia oleh Kementerian Luar Negeri tersebut, jelas adalah sebuah keniscayaan logis atau konsistensi komitmen dalam menjaga marwah kehormatan bangsa Indonesia.

Kita sebagai bangsa yang besar dengan asas prinsip kedaulatannya memiliki akar historis yang sangat memilukan, yang pernah menjadi korban antagonisme penjajahan kolonialisme. Adalah sebuah keharusan, bagi bangsa Indonesia menjalankan peran sentralnya secara bebas aktif dalam memberikan dukungan penuh atas perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina. Sebagaimana prinsip perjuangan Bung Karno, yang tercatat dengan tinta emas sejarah dunia, dengan diimplementasikannya ke dalam bentuk rumusan nilai-nilai ideologi konstitusional negara.

Sekali lagi artikulasinya bahwa, apa yang telah dicita-citakan oleh Bung Karno adalah fondasi atau road map yang menjadi ruh atas arah setiap kebijakan luar negeri kita, dan ketika itu misalkan terdistorsi atau dimanipulasi, itu sama artinya telah mengkhianati kedaulatan kita sebagai bangsa yang terhormat di mata dunia internasional.

Memperjuangkan perlawanan kepada segala bentuk kejahatan imperialisme atau kolonialisme hari ini, pembuktiannya adalah sikap keberpihakan untuk menghentikan penjajahan Zionisme Israel atas bangsa Palestina. Pengaburan opini atau wacana untuk melegalkan tindakan tersebut, setidaknya dalam ruang publik kita jangan pernah dibiarkan berkembang sedikitpun. Karena betapa urgensinya edukasi nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945 kepada generasi penerus untuk ditransformasikan.

Baca juga :