Megawati Soekarnoputri, Teladan Bagi Anak Muda

Oleh: Ketua DPC TMP Kota Surabaya, Aryo Seno Bagaskoro. 
Rabu, 01 Februari 2023 09:13 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Surabaya, Gesuri.id - Waktu kecil, saya punya keinginan nyeleneh. Ingin bisa telepon dengan Ibu Megawati Soekarnoputri. Tidak ada alasan khusus. Semata-mata karena ingin mendengar langsung suara Ketua Umum PDI Perjuangan itu. Intonasinya khas. Suaranya lembut namun bisa menggelegar. Pembawaan kharismatik, dengan pitutur-pitutur keibuannya.

Saya lahir 2001, tahun sama Ibu Megawati dilantik Presiden ke-5 RI hingga 2004. Mungkin karena sejak kecil saya sering melihat pidatonya di televisi, lantas memori itu mengendap di bawah sadar. Ibu Megawati meresap sebagai figur pemimpin perempuan Indonesia yang tangguh.

Bagaimana tidak? Politik yang didominasi laki-laki, berhasil direbut Ibu Megawati hingga puncak dan bertahan lama. Menjadi ketua umum partai politik terlama. Episentrum politik saat ini yang keputusannya dinanti khalayak. Pernyataannya konsisten merajai pemberitaan media massa hampir setiap saat. Pendapatnya dikupas mulai politisi, pengamat hingga obrolan rakyat di warung kopi. Politik Indonesia modern tidak terlepas dari Megawati.

Memiliki bonding

Ibu Megawati berhasil membangun PDI Perjuangan hingga besar. Tahan guncangan dan gempa. Tahan puasa kekuasaan. Dikuyo-kuyo dan dipinggirkan oleh penguasa, namun akhirnya berjaya.

Baca juga :