PDI Perjuangan Harus Terus Membumikan Ajaran Bung Karno

Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana tengah sibuk mempersiapkan diri sebagai Wali Kota Surabaya pada Pilkada Surabaya 2020.
Selasa, 07 Januari 2020 11:11 WIB Jurnalis - Ali Imron

Jakarta, Gesuri.id- Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana tengah sibuk mempersiapkan diri sebagai Wali Kota Surabaya dari DPP PDI Perjuangan pada Pilkada Surabaya 2020. Dia akan berjuang memperebutkan kursi Surabaya 1 mendatang menggantikan Ibu Tri Rismaharini yang sudah habis masa periodenya. Meski masih menunggu rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan, Mas WS begitu sapaann akrabnya tetap optimis dan terus bergerak melakukan sosialisasi ke masyarakat sebagai bagian dari tugas partai yang harus dilakukan. Kita harus turun dulu, kata mantan Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini.

Di tengah aktivitasnya yang sedemikian padat itu, Mas WS juga sibuk persiapan rakernas I PDI Perjuangan yang akan digelar di Jiexpo Kemayoran pada 10-12 Januari mendatang. Seperti apa kesiapannya pada rakernas nanti? Redaksi Gesuri berkesempatan untuk melakuakan wawancara singkat kepada Calon Wali Kota Surabaya beberapa waktu lalu. Berikut kutipannya.

Bagaimana persiapan Rakernas I PDI Perjuangan yang akan digelar sebentar lagi? Seperti apa spiritnya?

Rakernas I PDI Perjuangan yang akan datang dengan tema Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi sosial merupakan momen konsolidasi ekonomi politik yang menjadi agenda penting PDI Perjuangan sebagai partai pelopor di negeri ini. Dengan Geopolitik Indonesia yang sangat strategis sebagai negeri yang kaya akan natural resources, maka penting sebagai partai pelopor untuk mengawal agenda ekonomi politik di negeri ini. Yang tentunya, konsolidasi ekonomi politik ini tentu berbasis gerak jaman, dimana riset dan database natural resources juga bagaimana mengelolanya menjadi penting untuk dibicarakan dalam sebuah Rakernas ke depan. Dan spirit ini tentunya sudah lazim dengan nilai-nilai Trisakti Bung Karno. Dimana Berdikari secara ekonomi memerlukan langkah yang kekinian dalam membumikannya.

PDI Perjuangan akan menggelar pameran hasil-hasil pertanian, UKM dan ekonomi kerakyatan saat Rakernas I. Bagaimana pula tanggapan Anda tentang ini?

Justru ini saya sangat setuju. Ini juga gagasan yang sesuai dengan gagasan Bung Karno. Berdikari secara ekonomi adalah bagaimana PDI Perjuangan sebagai partai pelopor juga menggerakkan pelaku usaha kecil seperti UMKM. Karena mereka lah, dimanapun berada selalu menyumbangkan pendapatan daerah dalam ekonomi sektor informal. Mereka pelaku ekonomi yang sebetulnya menjadi kekuatan penting di setiap lokal daerah. Dimanapun itu. Maka selayaknya sebagai partai pelopor seperti PDI Perjuangan haruslah mengadvokasi dari peran-peran mereka di setiap daerah.

Sebagai salah satu agenda Rakernas I nanti adalah konsolidasi untuk memenangkan Pilkada 2020 nanti. Bagaimana persiapan di daerah?

Untuk di Jawa Timur sendiri, saat ini sedang dilakukan konsolidasi secara berkala di 19 Kabupaten/ Kota yang akan mengikuti Pilkada serentak. Dengan begitu tahapan menganalisis dan monitoring setiap wilayah bahkan mendalami peran-peran dan jejak aktivitas politik calon kepala daerah yang mendaftarkan diri di PDI Perjuangan sudah tentu menjadi fokus perhatian kami di Jawa Timur .

Baca juga :