Ganjar Harapkan KKN Mampu Tingkatkan Kapasitas Desa

Program yang dilakukan mahasiswa KKN saat ini guna peningkatan kapasitas desa dan pembangunan SDM.
Rabu, 25 Juli 2018 09:41 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id - Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang memberangkatkan 705 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka akan mengabdi di Kabupaten Grobogan, Kendal, dan Banjarnegara mulai 24 Juli 14 Agustus 2018.

Pelepasan mahasiswa KKN dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Aula Gedung Albertus Unika Soegijapranata, Selasa (24/7).

Saat memberi arahan, Ganjar menyampaikan di desa para mahasiswa akan bertemu dan berinteraksi dengan masyarakat desa. Mereka pun akan bersentuhan langsung dengan permasalahan yang ada di daerah tersebut. Karenanya, mereka diminta memberikan seluruh pikiran dan ilmu pengetahuan yang mereka punya dalam mencari solusi permasalahan yang ada .

Baca: Ganjar: Angka Kematian Ibu Menurun

Menurutnya, ada banyak masalah yang bisa diintervensi masyarakat. Di antaranya transparansi dan pengelolaan dana desa, partisipasi masyarakat dalam demokrasi di tingkat desa, jambanisasi, pernikahan dini. Masalah lainnya, banyak anak yang tidak dapat dan putus sekolah, maupun kekerasan dalam rumah tangga dan anak.

Baca juga :