Kemenko PMK Matangkan Pemanfaatan Dana Abadi Pendidikan

Perlunya optimalisasi pengelolalaan dana abadi pendidikan untuk lebih mempercepat penyiapan SDM Indonesia.
Rabu, 04 April 2018 13:38 WIB Jurnalis - Gabriella Thesa Widiari

Jakarta, Gesuri.id - Pemerintah terus mempertajam pemanfaatan dana abadi pendidikan yang diberikan melalui beasiswa. Dengan begitu diharapkan dana abadi pendidikan akan lebih optimal, tepat sasaran dan tepat manfaat.

Baca: Presiden Jokowi Ingin Dana Abadi Pendidikan untuk Riset dan Ketenagakerjaan

Rencana pemerintah mengubah Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) menjadi Dana Abadi Pendidikan terus memasuki tahap baru. Setelah pada akhir Desember 2017, Presiden memimpin Ratas tentang Tindak Lanjut Program Dana Abadi Pendidikan dan dilanjutkan pada rapat tingkat eselon I, pada Senin, (2/4) Kemenko PMK menggelar Rakor Tingkat Menteri (RTM) Revitalisasi Pengelolaan Dana Abadi Pendidikan di Ruang Rapat lantai I Kemenko PMK Jakarta.

RTM yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani ini mengagendakan perlunya optimalisasi pengelolalaan dana abadi pendidikan untuk lebih mempercepat penyiapan SDM Indonesia. Selain itu, pemanfaatan dana abadi pendidikan yang diberikan melalui beasiswa juga dipertajam baik dari sisi penerima manfaat, bidang studi, lembaga tujuan belajar, maupun perluasan manfaat pada vokasi dan tenaga pengajar. Agenda lainnya ialah, revitalisasi pengelolaan dana abadi pendidikan diarahkan pula untuk menyiapkan SDM yang dapat mendukung pelaksnaan pembangunan nasional.

Baca: Menko Puan Minta Bantuan Pemerintah Digunakan dengan Bijak

Baca juga :