Risma: Kota Surabaya Manfaatkan Sampah Jadi Listrik

Kota Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang pertama telah memanfaatkan sampah menjadi tenaga listrik.
Senin, 20 Agustus 2018 11:55 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Surabaya, Gesuri.id - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menyatakan Surabaya, Jawa Timur merupakan salah satu kota di Indonesia yang pertama telah memanfaatkan sampah menjadi tenaga listrik.

Tri Rismaharini, di Surabaya, Senin (20/8), mengatakan untuk mengurangi jumlah tumpukan sampah, Pemkot Surabaya menerapkan teknologi waste to energy baik skala kecil yaitu PLTSa Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) hingga skala besar dengan metode sanitary landfill yakni teknologi gasifikasi untuk pengolahan sampah menjadi energi listrik.

Baca:Hendi Ajak Masyarakat KendalikanSampahPlastik

Saat ini, baru Kota Surabaya di Indonesia yang sampahnya dimanfaatkan menjadi listrik. Karena itu, kami mengimbau warga mulai mengelolah sampah yang ada. Jangan sampai sampah itu terbuang tidak ada gunanya, katanya.

Pemerintah Kota Surabaya saat ini sudah memiliki PLTSa di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Romokalisari di Kecamatan Benowo yang sudah beroperasi sejak 30 November 2015. Pembangkit tahap pertama tersebut berupa land fill gas power plant yang berkapasitas 1,65 megawatt.

Baca juga :