Saat Ganjar “Ngevlog” Bareng “Ilmuwan” Muda Jateng

“Ilmuwan” muda Jawa Tengah tersebut berhasil menemukan alat pertanian dan peternakan.
Jum'at, 12 Oktober 2018 18:19 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ngevlog bareng dua rombongan pelajar yang berhasil menjuarai lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat Pusat, di Ruang Kerja Gubernur, Kamis (11/10). Mereka adalah ilmuwan muda Jawa Tengah, yang berhasil menemukan alat pertanian dan peternakan.

Rombongan pertama dari SMAN 2 Wonogiri yang menjadi Juara III dengan temuan aplikasi MyQurban. Yang kedua dari Universitas Tidar dengan temuannya Asemdong, kependekan Alat Semprot Gendong yang berhasil menjadi Juara II.

Baca: Gubernur Ganjar Tekankan Pendidikan Karakter

Dua anak ini habis menjuarai kejuaraan nasional. Inilah alatnya. Ternyata dia terinspirasi oleh petani-petani yang menggendong semprotan. Kemudian dia buat pakai roda di bawahnya ya. Ternyata tidak perlu dipompa tinggal dorong dan kemudian dia bisa digunakan dengan roda. Mekanikanya di sana. Juara dua dari Universitas Tidar, kata Ganjar dalam vlog bersama mahasiswa Untidar.

Sementara itu, Rahma penemu Asemdong dari Untidar menjelaskan, jika biasanya petani menyemprot tanaman dengan cara digendong, penggunaan alat ini penggunaan tinggal di dorong. Saat didorong pompa akan otomatis mengeluarkan obat.

Baca juga :