Vlog Sampah Traveler India, Gus Falah: Kritik yang Positif

Jadikan saja itu (kritikan) sebagai bagian dari renungan bagi kita bagaimana mengelola sampah ke depannya lebih baik
Jum'at, 19 Juli 2019 18:08 WIB Jurnalis - Nurfahmi Budi Prasetyo

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi VII DPR RI yang salah satunya membidangi masalah lingkungan hidup, Nasyirul Falah Amru meminta masyarakat tidak usah marah atas sebuah video viral dari seorang vlogger asal India terkait masalah sampah plastik di Indonesia khususnya di Singkawang, Kalimantan Barat.

Wakil rakyat asal Dapil Lamongan-Gresik yang juga Sekretaris Umum PP Bamusi DPP PDI Perjuangan itu menilai pengelolaan sampah di Indonesia memang masalah pelik sejak dulu.

Kalau misalkan ada vlog dari turis India itu, saya pikir itu bagus dan positif buat kita. Jangan juga kita membalas dengan menyebut India lebih parah sampahnya dari Indonesia. Jadikan saja itu sebagai bagian dari renungan bagi kita bagaimana mengelola sampah ke depannya lebih baik, ucapnya saat ditemui Gesuri.id di ruang kerjanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Gus Falah sapaan akrabnya mengungkapkan, pengelolaan sampah yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) masih belum maksimalkan instrumen yang dimiliki.

Selama ini, Pemerintah memiliki program motor sampah. Dan itu salah satu penunjang dalam menyelesaikan masalah pengeolaan sampah. Gak usah jauh-jauh ke Kalimantan, pergi saja ke Garut, itu juga masih carut marut soal pengelolaan sampahnya, ujarnya.

Baca juga :