Banjir di Brebes, Ganjar Perintahkan Penghijauan di Hulu

"Langsung dipetakan, cek wilayah mana saja dan seberapa parah kerusakannya. Langsung dilakukan penanaman," perintah Ganjar.
Kamis, 16 Januari 2020 14:49 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Brebes, Gesuri.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melakukan sidak di beberapa lokasi banjir di Brebes, baru-baru ini, menemukan penyebab utama bencana tersebut. Banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Brebes beberapa hari lalu ternyata bukan hanya disebabkan jebolnya tanggul sungai. Lebih dari itu, kerusakan hutan yang parah di bagian hulu sungai juga menjadi penyebabnya.

Selain memastikan penanganan terhadap masyarakat yang terdampak, Ganjar juga mencari permasalahan utama penyebab banjir dengan meninjau tanggul jebol di Desa Ketanggungan dan Desa Cikeusal Lor Kecamatan Ketanggungan.

Dalam sidak tersebut, Ganjar didampingi Bupati dan Wakil Bupati Brebes serta Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung, Happy Mulya. Kepada Ganjar, Happy menerangkan bahwa banjir di Brebes tidak akan selesai hanya dengan perbaikan tanggul.

Banjir di Ketanggungan memang karena adanya tanggul jebol pak. Tapi mau diperbaiki seperti apapun, itu tidak bisa menahan limpasan air dari atas, karena kerusakan di bagian hulu sungai sudah sangat parah, kata Happy.

Baca juga :