Basarah Minta Pemerintah Lebih Rangkul Ormas Keagamaan

Merangkul & mendukung secara optimal ormas-ormas keagamaan yang selama ini moderat dan terbukti loyal mendukung persatuan dan kesatuan.
Sabtu, 02 Januari 2021 17:10 WIB Jurnalis - Heru Guntoro

Jakarta, Gesuri.id - Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah minta pemerintah Indonesia menjadikan momentum pelarangan ormas Islam garis keras FPI untuk lebih merangkul dan mendukung secara optimal ormas-ormas keagamaan yang selama ini moderat dan terbukti loyal mendukung persatuan dan kesatuan bangsa.

Menurutnya, negara menjadi baik ketika pemerintah dan kalangan civil society saling bahu-membahu menjaga kohesi masyarakat yang majemuk.

Tujuan dari didirikannya ormas-ormas keagamaan sangat jelas, yakni hendak merawat ketakwaan semua elemen bangsa ini kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar bangsa kita terus menjadi bangsa religius seperti yang diharapkan para pendiri bangsa. Harapan itu jelas terekam dalam filosofi Pancasila seperti yang disampaikan Bung Karno dalam Pidato 1 Juni 1945, yakni membentuk bangsa yang nasionalis religius, jelas Basarah di Jakarta, Sabtu (2/1).

Berdasarkan filosofi yang ditegaskan oleh proklamator bangsa itu, Ahmad Basarah menilai negara menjadi wajib untuk mendorong dan memfasilitasi warga negaranya dalam rangka meningkatkan ketakwaan mereka sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Baca juga :