Bekas Pabrik Gula Brebes Akan Jadi Rest Area Terindah

Dengan keunggulan arsitektur zaman Belanda yang masih dipertahankan keasliannya mampu menarik minat pengendara untuk singgah.
Kamis, 17 Januari 2019 10:08 WIB Jurnalis - Hiski Darmayana

Brebes, Gesuri.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut bekas Pabrik Gula Banjaratma, Kabupaten Brebes, akan menjadi rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) jalan tol yang terindah di Indonesia.

Bangunan yang termasuk cagar budaya ini akan jadi the best rest area dan secara arsitektur akan jadi De Tjolomadoe kedua, bahkan tidak sekadar rest area, ini juga akan jadi destinasi wisata, kata Ganjar saat meninjau proses pembangunan TIP KM 260 B ruas jalan tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Brebes, Selasa (15/1).

Baca: Ganjar: Pembangunan Jalan Tol, Perhatikan Aspek Lingkungan

Ganjar optimistis dengan keunggulan arsitektur zaman Belanda yang masih dipertahankan keasliannya dan perpaduan berbagai jenis kuliner serta produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada bangunan cagar budaya tersebut akan mampu menarik minat pengendara untuk singgah.

Kendati demikian, Ganjar mengakui dalam merenovasi bangunan cagar budaya memang tidak gampang karena harus taat pada nilai-nilai sejarah, salah satunya tidak boleh mengubah nilai artistik dan esensi awal bangunan.

Baca juga :