Buka Forum WNPG, Puan Ingin Gizi Buruk di Indonesia Teratasi

RI salah satu negara yang belum mencapai target MDGs 1.2 terkait proporsi penduduk dengan asupan kalori di bawah tingkat konsumsi minimum
Selasa, 03 Juli 2018 23:56 WIB Jurnalis - Abdullah Gunawan

Jakarta, Gesuri.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani membuka Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (3/7). Dalam forum itu, Puan ingin permasalahan malnutrisi seperti gizi buruk atau stunting di Indonesia bisa di atasi dengan melibatkan semua pihak.

Indonesia termasuk salah satu negara yang belum mencapai target MDGs 1.2 terkait proporsi penduduk dengan asupan kalori di bawah tingkat konsumsi minimum. Dengan gotong royong tersebut, target penurunan stunting dapat tercapai, kata Puan.

Menurut Puan, persoalan stunting tidak saja mengganggu pertumbuhan tumbuh anak, tetapi juga dapat menghambat perkembangan kecerdasan, serta menimbulkan kerentanan terhadap penyakit tidak menular dan penurunan produktivitas pada usia dewasa.

Oleh karena itu Puan menegaskan, pendekatan terintegrasi dan konvergensi pencegahan stunting perlu dilakukan baik di level pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga tingkat desa.

Stunting bukan sekadar masalah sektor kesehatan. Namun juga terkait dengan akses pangan, layanan kesehatan dasar termasuk akses air bersih dan sanitasi, serta pola pengasuhan, ujarnya.

Baca juga :