Hasto: Bali Titik Temu Peradaban Dunia, Beridentitas Budaya

Alam Bali memudahkan berkontemplasi, hingga terciptalah rasa nyaman, at home, ataupun sesuatu hal yang menciptakan rasa aman. 
Selasa, 28 Februari 2023 13:53 WIB Jurnalis - Haerandi

Denpasar, Gesuri.id - Doktor Ilmu Pertahanan, Universitas Pertahanan RI, Hasto Kristiyanto mengatakan ada fenomena menarik ketika para pelancong domestik dan manca negara datang ke Bali.

Atmosfirnya sungguh berbeda. Ada sesuatu hal unik, sesuatu yang khas yang ditangkap oleh rasa, melalui pancaindera. Alam Bali memudahkan berkontemplasi, hingga terciptalah rasa nyaman, at home, ataupun sesuatu hal yang menciptakan rasa aman.

Baca:Hasto Harap Ada Pusat Institut Seni Indonesia di New York

Setiap berada di Bali selalu terasa berbeda. Bali menjadi bukti perpaduan spiritualitas yang hidup dan membumi, dengan kebudayaan, dan keindahan alam rayanya, ucap Hasto Kristiyanto saat Orasi Ilmiah berjudul Teguh Indonesia Berkepribadian, di Kampus Institut Seni Indonesia, Denpasar, Selasa (28/2).

Bali menjadi titik temu peradaban dunia. Bali tiada henti dibanjiri arus modernitas yang hebat dari seluruh dunia, namun Bali selalu kokoh pada identitas kulturalnya, tambah Hasto.

Baca juga :