Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Kembali Diuji di Tahun Politik yang Memanas

Ini bisa dilakukan jika kita aktif memfilter informasi yang masuk melalui aktualisasi nilai Pancasila secara internal dalam diri kita.
Sabtu, 20 Januari 2024 15:36 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berpolitik, bermasyarakat dan bernegara sedang diuji di tahun-tahun politik. Untuk itu sebagai insan yang mulia dan bermartabat harus tetap teguh dan kukuh dalam membela Pancasila di tengah isu perpecahan di masyarakat.

Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan kembali mengingatkan agar setiap orang bisa memiliki filter terhadap arus informasi yang sangat mengalir deras melalui media sosial. Ini bisa dilakukan jika kita aktif memfilter informasi yang masuk melalui aktualisasi nilai Pancasila secara internal dalam diri kita, kata Putra dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di hadapan warga Jakarta Timur, Kamis 18 Januari, di Rumah Aspirasi Putra Nababan Jakarta.

Putra juga menjelaskan, internalisasi Pancasila bisa terbentuk jika kita memiliki rasa kemanusiaan yang merupakan sikap universal untuk mempertahankan martabat manusia. Oleh karenanya perlu komitmen dan konsistensi dalam menjalankannya di kehidupan sehari-hari.

Lebih lanjut Putra menegaskan, memperkuat rasa kemanusiaan dalam hidup bermasyarakat adalah hal yang sangat penting demi menciptakan lingkungan yang lebih baik dalam hubungannya dengan sesama manusia dengan sikap yang lebih empatik dan peduli.

Baca juga :