Putra Apresiasi Langkah Nadiem Rombak Seleksi Mandiri PTN

Putra: Sudah saatnya semua proses penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara transparan sehingga tak ada lagi praktek jual belli kursi PTN
Jum'at, 09 September 2022 08:35 WIB Jurnalis - Ali Imron

Jakarta, Gesuri.id-Anggota DPR Komisi X Putra Nababan mengapresiasi langkah cepat dan taktis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim dalam memperketat jalur seleksi mandiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Langkah antisipatif itu ditempuh menyusul terungkapnya praktek jual beli kursi seleksi mandiri Universitas Lampung (Unila) dengan tersangka Rektor Unila Karomani yang ditangkap KPK. Skema seleksi masuk PTN itu diluncurkan melalui Merdeka Belajar Episode 22: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

BacaPutra NababanApresiasiNadiemBlusukan di Indonesia Timur

Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Mas Menteri yang cepat dan responsif dengan merombak proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) di jalur seleksi mandiri di PTN. Sudah saatnya semua proses penerimaan mahasiswa baru itu dilakukan secara transparan sehingga di kemudian hari tidak ada lagi praktek jual beli kursi PTN, kata Putra Nababan di sela sela Raker Komisi X dengan Kemendikbudristek kemarin.

Sebelumnya, terkait dengan perombakan jalur seleksi mandiri PTN, pada Raker Komisi X dengan Kemendikbudristek, Selasa (23/8) Putra memberikan rekomendasi kepada Menteri Nadiem untuk menata ulang kembali proses seleksi mandiri yang harus dibuat transparan, tersistem dan online (daring) sejak proses rekruitmen, seleksi, pengumuman, daftar ulang sampai proses pembayaran. Semua harus dicantumkan secara online.

Baca juga :