Rahmad Setuju RSDC Wisma Atlet Ditutup, Covid Terkendali

Rahmad; Karena memang situasi kondisi terkini setahun terakhir ini (COVID) relatif terkendali.
Senin, 26 Desember 2022 12:15 WIB Jurnalis - Haerandi

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mengatakan tidak masalah jika Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran akan berhenti beroperasi menangani pasien COVID-19 pada akhir tahun ini. Sebab, Rahmad menilai situasi COVID-19 di Indonesia dalam setahun terakhir cukup terkendali.

BacaMenteri Anas Ajak NU Perangi Radikalisme Dukung RB

Karena memang situasi kondisi terkini setahun terakhir ini (COVID) relatif terkendali, terlebih beberapa waktu lalu ketika terjadi lonjakan yang gelombang ketiga sampai 6 ribu sekian ya per hari, toh juga tidak membebani faskes kita, hospital rate kita juga masih di bawah 5%. Artinya juga sebenarnya tanpa RSDC pun tidak ada masalah, karena memang tingkat kesiapsiagaan kita rumah sakit kita terhadap menghadapi Covid-19 sudah cukup memadai, kata Rahmad kepada wartawan, Minggu (25/12/).

Rahmad menyebut penyebaran COVID-19 secara nasional cukup stabil dibandingkan penyebaran secara global seperti di China yang tambahan kasus harian tengah kembali melonjak. Namun, kata dia, penanganan COVID di Indonesia dan China tidak bisa dibandingkan.

Kita ketahui bersama di China terjadi lonjakan yang paling parah selama COVID ada, termasuk di Jepang juga kasusnya tinggi hariannya. Tapi perlu saya sampaikan bahwa kasus di China dengan di Indonesia tidak bisa apple to apple, heard immunity di China dengan Indonesia jauh lebih baik kita ya. Karena kasus pertama kali terdeteksi mereka langsung lockdown. Sehingga belum banyak sebenarnya warga China yang tertular, ucapnya.

Baca juga :