RI Lobi Gambia, Jajaki Kerjasama dengan Afrika Barat

Kata Retno komoditas yang kemungkinan diperdagangkan antara Indonesia dan Ecowas, salah satunya adalah minyak kelapa sawit (CPO). 
Senin, 16 Juli 2018 23:42 WIB Jurnalis - Abdullah Gunawan

Jakarta, Gesuri.id Pemerintahan Presiden Jokowi yang diwakili Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima kunjungan Wapres Gambia HEM A. N. M Ousainou Darboe. Pertemuan itu terkait rencana Indonesia menjajaki kerja sama ekonomi dengan negara-negara Afrika Barat, termasuk Gambia.

Kita berusaha tidak bicara Gambia, tapi bicara mengenai barat Afrika. Oleh karena itu kita mengajukan preferential trade agreement (PTA) dengan kawasan sebelah barat afrika, Ecowas di mana salah satunya Gambia, kata Retno di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (16/7).

Economic Community of West African States (Ecowas) adalah komunitas ekonomi negara-negara Afrika Barat terdiri dari 15 negara. Antara lain Benin, Burkina Faso, Cabo Verde, Cote DIvoire, Ghana, Gambia, Guinea, Guinea Bissau, Liberia, Mali, Nigeria, Niger, Senegal, Sierra Leoone, dan Togo.

Kita juga minta dukungan Gambia agar usulan Indonesia untuk membuat PTA dengan Ecowas dapat didukung, dan Gambia mendukung, tutur Retno.

Kemudian, kata Retno komoditas yang kemungkinan diperdagangkan antara Indonesia dan Ecowas, salah satunya adalah minyak kelapa sawit (CPO).

Baca juga :