Sosialisasi Empat Pilar Wujudkan Kehadiran Negara

Bertujuan agar masyarakat yang tinggal di daerah terpencil dapat memahami pentingnya dasar negara untuk memperkokoh rasa persatuan bangsa.
Selasa, 19 Februari 2019 10:07 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Ambon, Gesuri.id - Anggota DPR Mercy Chriesty Barends menegaskan, sosialisasi empat pilar kebangsaan tidak hanya bicara soal konstitusi dan dasar negara, tetapi juga kehadiran negara untuk mewujudkan rasa keadilan bagi rakyatnya.

Bicara empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika, memang perlu, agar masyarakat terutama di daerah yang jauh, pinggiran dan terpencil dapat memahami pentingnya dasar negara untuk memperkokoh rasa persatuan bangsa. Tetapi tidak hanya berhenti di situ saja, kata Mercy, di Ambon, Senin (18/2).

Baca: Empat Pilar Kebangsaan Harus Terus Diarahkan

Dia mencontohkan, saat sosialisasi empat pilar kebangsaan di kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon yang melibatkan warga dari sejumlah Negeri adat di wilayah itu, ternyata lebih banyak ditanya warga menyangkut tugas dan tangung jawabnya sebagai anggota DPR-RI untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Maluku.

Dalam sosialisasi yang dihadiri warga dari sejumlah negeri adat di Kecamatan Leitimur Selatan, politisi PDI Perjuangan tersebut menegaskan, empat pilar kebangsaan perlu disosialisasikan terus-menerus guna mencegah penurunan nilai-nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Masyarakat terutama yang tinggal di wilayah terpencil seperti di Maluku perlu mendapat pemahaman yang baik tentang pilar-pilar kebangsaan ini, sehingga merasa bertangung jawab untuk mendukung pembangunan bangsa dan negara.

Baca juga :