Temui Ganjar, Eks ISIS Ingin Bantu Deradikalisasi

"Saya memang ingin teman-teman ini membantu kami dalam upaya deradikalisasi," kata Ganjar.
Selasa, 10 Maret 2020 12:47 WIB Jurnalis - Elva Nurrul Prastiwi

Semarang, Gesuri.id - Eks ISIS Febri Ramdani bertandang ke kediaman Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Senin (9/3). Febri datang ingin memberikan buku yang tidak lain berisi kisah perjalanannya ketika menjadi anggota ISIS di Suriah, 2016 silam yang berjudul 300 Hari di Bumi Syam; Perjalanan Seorang Mantan Pengikut ISIS

Kepada Ganjar, Febri menerangkan bahwa ia berangkat ke Suriah untuk menyusul keluarga besarnya. Di sana, ia menyaksikan bagaimana kengerian yang terjadi akibat perang saudara.

Saya lihat negara itu hancur. Suara bom bisa terdengar ratusan kali dalam sehari. Saya juga pernah ditangkap dan ditahan selama satu bulan oleh salah satu faksi di sana, ucapnya.

Keputusan Febri untuk berangkat ke Suriah karena ingin menyusul keluarganya. Sebelum ia berangkat, keluarga besarnya sudah lebih dulu terpengaruh propaganda ISIS dan berangkat ke Suriah.

Selama lima bulan saya mencari keluarga di sana. Saat ketemu, ada beberapa saudara saya yang sudah meninggal karena dipaksa berperang, tambahnya.

Baca juga :