Desa Digital Jokowi Sejalan dengan Ibu Canggih Iis Sugianto

Iis: Kelompok Ibu-ibu Canggih yang saya resmikan sejalan dengan Desa Digital Jokowi-Amin.
Selasa, 16 April 2019 11:14 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id - Pada debat Capres-cawapres pamungkas, Sabtu (13/4) malam, paslon nomor urut 01 Jokowi-Amin mengangkat visi misi mereka terkait pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender. Calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin pada kesempatan itu memperkenalkan program baru yang dinamakan Dewi (desa wisata) dan Dedi (desa digital).

Baca:Jokowi-Amin Kenalkan Dewi Dedi untuk Pemberdayaan Perempuan

Namun bukan hal yang baru, tercatat selama lima tahun pemerintahan Joko Widodo telah menerapkan program pemberdayaan untuk perempuan, seperti pemberian kredit usaha mikro (UMI) dan bank wakaf mikro di pesantren-pesantren dimana hampir 100 persen nasabah bank adalah kaum perempuan. Selain itu, program Membina Keluarga Sejahtera (Mekaar) untuk pemberdayaan ekonomi perempuan.

Seperti diketahui, Program Mekaar adalah pinjaman bagi ibu-ibu yang berdagang asongan, bakso, mie ayam dan usaha rumah tangga yang kita berikan pinjaman 2 juta, 3 juta dan 4 juta. Kalau lebih 10 juta akan kita larikan ke KUR yang bunganya tujuh persen dan ini didampingi, Jokowi menjelaskan dalam debat Sabtu itu di hotel Sultan Jakarta.

Baca juga :