Hadrean Renanda: Pemilu Proporsional Tertutup Hindari Partai dari Petualang Politik

PDI Perjuangan sebagai partai kader telah mempersiapkan kadernya, utamanya melalui sekolah partai.
Senin, 26 Juni 2023 21:00 WIB Jurnalis - Ali Imron

Surabaya, Gesuri.id-DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya dalam menghadapi Pemilu 2024 akan siap dengan sistem proporsional terbuka maupun tertutup. PDI Perjuangan sebagai partai kader telah mempersiapkan kadernya, utamanya melalui sekolah partai.

Baca;Fransiskus Diaan Ingatkan Kades Transparan Kelola Dana Desa

Karena kita ini partai kader, yang sudah mempersiapkan kadernya, sudah melalui sekolah partai untuk dicalonkan di daerah pemilihannya masing-masing. Bukan kader yang muncul tiba-tiba, dicalonkan, belum memiliki kapabilitas kemampuan untuk tarung dalam Pemilu, kata Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Hadrean Renanda dalam Talkshow Rumah Demokrasi Mungkinkah Pemilu 2024 Proporsional Tertutup oleh TVRI, Selasa (6/6).

Hadrean menilai, sistem Pemilu proporsional tertutup akan menguatkan posisi partai terhadap calon anggota legislatif (caleg). Terlebih bisa menghindari dari caleg pragmatis yang berpotensi mengesampingkan partai saat telah menduduki jabatan.

Jadi kita itu menghindari dari orang-orang, atau petualang politik lah, yang dalam hal ini pragmatis, untuk mengambil jabatan tertentu. Karena mungkin mereka merasa lebih besar dari partai ketika sudah jadi, tegasnya.

Baca juga :