Pengamat Minta Parpol Pengusung AMIN dan Ganjar-Mahfud Komitmen Gulirkan Angket

Dalam UU MD3 diatur bahwa untuk pengajuan hak angket dilakukan minimal 25 orang anggota DPR yang berasal lebih dari 1 Fraksi.
Jum'at, 01 Maret 2024 23:59 WIB Jurnalis - Effatha Gloria V.G. Tamburian

Jakarta, Gesuri.id -Direktur Rumah Politik Indonesia atau RPI Fernando Emas mengaku yakin hak angket terkait dengan kecurangan Pemilu 2024 yang diusungkan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo akan berhasil digulirkan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI).

Keyakinan Fernando didasari lantaranjumlah anggota DPR RI yang berasal dari partai pengusung pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD jumlahnya mencapai 314 dari 575 atau setara 54,60 persen.

Sedangkan dalam UU MD3 diatur bahwa untuk pengajuan hak angket dilakukan minimal 25 orang anggota DPR yang berasal lebih dari 1 Fraksi, kata Fernando, Kamis,(29/2/2024).

Fernando menambahkan, bahwa terdapat 5 parpol pengusung paslon AMIN dan Ganjar-Mahfud. Atas dasar itu, Fernando yakin, pengguliran hak angket kecurangan Pemilu 2024 di Senayan akan berhasil digulirkan.

Ada 5 partai politik pengusung paslon nomor urut 1 dan nomor urut 3 yang memiliki kursi di DPR RI sehingga sangat terbuka hak angket untuk disetujui dan panitia khusus hak angket akan terbentuk, ungkap Fernando.

Baca juga :