Bulan Soekarno 2021, Banteng Yogyakarta Gelar Pameran AKARA

Ada 78 perupa di Yogyakarta yang terlibat dalam perhelatan seni ini.
Sabtu, 13 Februari 2021 16:45 WIB Jurnalis - Hiski Darmayana

Yogyakarta, Gesuri.id - ParasenimandiYogyakartaakan berpartisipasi dalam pameran lukisan bertajuk AKARA yang digelar di Kantor DPD PDI Perjuangan DIY pada 1 sampai 21 Juni 2021. Paraseniman Yogyakartaitu akan menuangkan gagasan dan pandangan mereka di atas kanvas perihal Soekarno.

Baca:Imlek, Banteng Yogyakarta Serukan Kebangkitan dari Pandemi

Ada 78 perupa di Yogyakarta yang terlibat dalam perhelatan seni ini. Sederet nama seniman kondang juga akan ikut memamerkan karyanya di kantor DPD PDI Perjuangan DIY, antara lain, Butet Kartaredjasa, Ong Hari Wahyu, Bambang Herras, Budi Ubrux, Bunga Jeruk, Agung Pekik, Laksmi Shitaresmi, Nasirun, Ugo Untoro, dan Putu Sutawijaya.

Pameran lukisan AKARA yang bermakna wujud atau rupa dalam bahasa Sansekerta ini diadakan untuk memperingati bulan Soekarno. Juni merupakan salah satu bulan bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia.

Pada 6 Juni 1901 tercatat sebagai hari lahir Soekarno. Pada 1 Juni 1945 Soekarno menyampaikan gagasannya dalam sidang BPUPKI (Dokuritzu Zyubi Tyoosakai) tentang dasar, arah,tujuan , sekaligus pandangan hidup berbangsa dan bernegara.Pada bulan Juni juga, tepatnya 21 Juni 1970, Soekarno meninggal dunia dalam usia 69 tahun.

Baca juga :