PDI Perjuangan Optimis Gus Ipul-Puti Menang di Pilgub Jatim

Gus Ipul-Puti Guntur menempati posisi teratas dengan perolehan suara 44,8,% menyusul di bawahnya pasangan Khofifah Indar Parawansa
Rabu, 21 Maret 2018 17:22 WIB Jurnalis - Ali Imron

Jakarta Gesuri.id- Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terhadap calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jatim 2018. Hasilnya, pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno unggul dengan elektabilitas 44,8%.

Survei dilakukan pada 3-8 Maret 2018. Ada 1.200 responden yang dipilih dengan metode stratified multistage random sampling. Margin of error dari survei tersebut +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Charta Politika melakukan simulasi dengan menyebarkan kertas suara ke 1.200 responden dengan pertanyaan, Jika Pilkada Jatim dilaksanakan hari ini, siapa yang dipilih. Hasilnya, pasangan Gus Ipul-Puti Guntur menempati posisi teratas dengan perolehan suara 44,8,% menyusul di bawahnya pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak dengan 38,1%.

Namun, survei ini juga mencatat cagub/cawagub sebagai individu bukan pasangan berdasarkan perbandingan popularitas dan kesukaan. Hasilnya, Gus Ipul, tingkat pengenalannya sudah mentok Khofifah 92,9%, Gus Ipul 91,7%. Hampir semua sudah tahu nama ini. Sementara dua nama di tingkat wakil keduanya belum menembus setengah yang mengenal nama cagubnya. Emil 50,7% dan Puti Guntur 42,2%.

Merespon hal itu Ketua Badan Pemilu PDI Perjuangan Bambang Dwi Hartono mengatakan bahwa pertarungan Pilkada Jawa Timur ini ditentukan pada pertarungan wakil dan ini dapat menambah optimisme untuk memenangkan Pilkada Jatim yang digelar Juni 2018.

Selain itu, hasil survei ini bisa menjadi cambukan bagi mesin partai PDI Perjuangan agar lebih maksimal lagi dalam menggenjot program dan pengenalan masyarakat atas Puti Guntur Soekarno.Selengkapnya penjelasan Ketua Badan Pemilu PDI Perjuangan Bambang Dwi Hartono kepada Reporter Gesuri.id Muhamad Ifan :

Baca juga :